KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
PROGRAM
DUAL MODE SYSTEM (DMS)
Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka (Kampus II) Ngaliyan Telp. (024) 7601295
Semarang
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2013/2014
Mata Kuliah
Bobot/Kelas
Hari, Tanggal
|
: Evaluasi Pembelajaran
: 3 SKS
:
|
Dosen Pengampu
Waktu
Sifat Ujian
|
: Joko Budi Poernomo.M.Pd
:
: Take Home
|
1.
Mengapa kegiatan evaluasi penting untuk dilaksanakan dalam program pembelajaran? ( jelaskan dari, tujuan, evaluasi,
materi )
..................................................................skor 5
2.
Evaluasi pendidikan memiliki cakupan: (1) evaluasi
program, (2) evaluasi sistem,
dan (3) evaluasi pembelajaran.
Jelaskan dengan contoh masing-masing cakupan evaluasi program tersebut?
.....................................................................................................................skor
10
3.
Jelaskan dengan singkat dan jelas tentang pengertian tes, pengukuran, penilaian,
dan evaluasi?......................................................................................................................skor
5
4. Jelaskan tentang beberapa istilah dalam evaluasi program pembelajaran seperti berikut ini:
a.
Tes standar (standardized
test)
b.
Power test
c.
Penilaian berbasis kelas
d.
Penilaian formatif
e.
Penilaian sumatif
f.
Kompetensi dasar
.....................................................................................................skor
10
5. Ujilah validitas, realibilitas,
daya pembeda dan taraf kesukaran dari satu item soal berikut :
a.
Soal Pilihan ganda :
Soal essay :
No
|
Kode Peserta
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Total
|
1
|
U-1
|
9
|
4
|
10
|
5
|
10
|
7
|
6
|
10
|
6
|
6
|
73
|
2
|
U-2
|
10
|
3
|
9
|
6
|
7
|
8
|
6
|
7
|
6
|
9
|
71
|
...............................................................................................skor
20
6. A. Jelaskan langkah-langkah anda membuat dan melaksanakan evaluasi pembelajaran,
kepada siswa dengan langkah yang baik, urut dan benar!
B. Buatlah intrument dan format penilaian kognitif,
psikomotorik dan afektif untuk KD materi kalor pada kelas X MA(bentuk soal
dan lembar pengamatan serta satuan proses penilaiannya) ..............................................................................................................skor
10
7. Jelaskan ragam Taksonomi Bloom untuk mengukur kemampuan kognitif dan uraikan dalam bentuk soal dari tahapan rendah ke tingkat tinggi !
..........................................skor 10
8. Apabila kita melihat rapor yang
ada digunakan di sekolah, rapor bagaimanakah
yang diambil sebagai laporan lengkap atau hanya nilai saja? Jelaskan ! .............skor
5
9. a. Seorang guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan tes standar dan tes
buatan guru, jelaskan langkah/solusi saudara sebagai calon guru untuk
memberikan informasi terkait pelaksanaan kedua tes tersebut!
b.
Jelaskan
4 peranan fungsi, faktor penilaian akhir
dan persamaan menentukan nilai akhir di sekolah MI, MTs dan MA !
..................................................................................skor
15
10. Bagaimana fungsi, peranan dan langkah evaluasi program agar dapat berjalan
secara maksimal di semua lingkungan sekolah !
........................................................................................skor
10
Selamat Mengerjakan semoga sukses
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apa komentar dan masukan anda dengan blog ini ?