Pages

Sabtu, 20 Juli 2013

Pembelajaran fiqih


BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Ibadah merupakan suatu kewajiban bagi umat manusia terhadap Tuhannya dan dengan ibadah manusia akan mendapat ketenangan dan kebahagiaan di dunia dan di akhirat nanti. Bentuk dan jenis ibadah sangat bermacam – macam, seperti Sholat puasa, naik haji, jihad, membaca Al-Qur'an, dan lainnya dan setiap ibadah memiliki syarat – syarat untuk dapat melakukannya, serta ada pula ibadah yang tidak memiliki syarat mutlak untuk melakukannya. Diantara ibadah yang memiliki syarat – syarat diantaranya haji yang memiliki syarat–syarat, yaitu mampu dalam biaya perjalannya, baligh, berakal, dan sebagainya, dan contoh lain jika kita akan melakukan ibadah sholat maka syarat untuk melakukan ibadah tersebut ialah kita wajib terbebas dari segala najis maupun dari hadats, baik hadats besar maupun hadats kecil. 
Kualitas pahala ibadah juga dipermasalah jika kebersihan dan kesucian diri seseorang dari hadats maupun najis belum sempurna, maka ibadah tersebut tidak akan diterima. Ini berarti bahwa kebersihan dan kesucian dari najis maupun hadats merupakan keharusan bagi setiap manusia yang akan melakukan ibadah, terutama sholat, membaca Al-Qur'an, naik haji, dan lain sebaginya.
Untuk itu guru wajib menguasai materi, kemudian disampaikan dengan kemasan yang menarik, disini kemasan tersebut tidak lain adalah sebuah metode pembelajaran, karena dengan metode pembelajaran yang berfariatif dalam suatu proses belajar mengajar akan merangsang peserta didik untuk lebih aktif dan paham dengan pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Dengan demikian kami pemakalah akan mencoba menjelaskan beberapa metode pembelajaran dengan tujuan peserta didik dapat dan mampu memahami pelajaran di kelas nantinya.

B.       RUMUSAN MASALAH
1.         Menjelaskan   berbagai   metode/teknik/media   yang   dapat   digunakan   untuk menyampaikan materi fiqh wudhu, mandi wajib dan khitan bagi siswa MI
2.         Menerapkan berbagai strategi pembelajaran fiqh wudhu, mandi wajib dan khitan pada siswa MI

C.      TUJUAN
1.         Penjelasan  tentang  berbagai  metode/teknik/media  yang  dapat  digunakan  untuk menyampaikan materi fiqh wudhu, mandi wajib dan khitan bagi siswa MI
2.         Beberapa soal latihan untuk menguji kemampuan guru sendiri dalam memahami isi makalah ini.
3.         Rangkuman keseluruhan materi yang dibahas dalam modul ini.
4.         Metode pengukuran kemampuan guru dalam mempelajari materi dalam modul ini.





















BAB II
PEMBAHASAN


A.      METODE/TEKNIK PEMBELAJARAN WUDHU, MANDI DAN KHITAN
1.      Wudhu
Pembahasan tentang wudhu,dalam buku-buku fiqih termasuk ke dalam thahârah hukmiyyah, yaitu kebersihan diri dari sesuatu yang dihukumi sebagai najis, yang disebut dengan istilah hadats.
Berbagai metode mengajar yang baik dan menyenangkan dapat digunakan untuk pembelajaran wudhu pada siswa MI. Namun, sebelumnya perlu diingat pembelajaran itu harus menyentuh aspek kognitif, afektif dan psikomotorik anak didik usia 6-12 tahun. Untuk itu pemilihan metode pembelajaran yang tepat bagi materi yang berbeda akan membantu memudahkan pekerjaan guru.
Di bawah ini, beberapa metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam mengajarkan wudhu.
a.         Metode ceramah
Metode ini adalah metode paling tua, paling mudah dan paling sering digunakan Metode ini dapat digunakan untuk menyampaikan materi yang bersifat teoritis tentang wudhu dan hikmah-hikmahnya.
Untuk menggunakan metode ceramah dengan baik guru harus menghindari beberapa kelemahan metode ini. Menurut buku Strategi Pembelajaran Aktif, kelemahan metode ceramah antara lain:
1)             Membosankan
2)             Siswa tidak ikut aktif dalam pembelajaran
3)             Informasi berlangsung satu arah
4)             Umpan balik relatif rendah
5)             Ada kesan menggurui dan melelahkan
6)             Kurang melekat pada ingatan siswa
7)             Kurang terkendali, baik waktu maupun materi
8)             Monoton
9)            Tidak mengembangkan kreatifitas siswa
10)         Siswa hanya menjadi objek didik
11)        Tidak merangsang siswa untuk membaca.
Beberapa kelemahan di atas hendaklah dihindari. Hal itu bisa dilakukan dengan cara menyertakan penjelasan visual dalam ceramah, menyelinginya dengan pertanyaan sederhana dan sebagainya.
b.         Metode tanya jawab
Metode ini dapat digunakan di awal pembelajaran sebagai alat apersepsi atau di akhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan atau daya serap siswa. Metode ini juga dapat digunakan di tengah-tengah ceramah, yang akan berguna untuk mengembalikan perhatian siswa yang sudah jenuh.
Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru. Tujuan yang akan dicapai dari metode tanya jawab.
1)   Untuk mengetahui sampai sejauh mana materi pelajaran yang telah dikuasai oleh siswa.
2)    Untuk merangsang siswa berfikir.
3)   Memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan masalah yang belum dipahami.
c.         Metode picture and picture
Metode lain yang dapat digunakan untuk pembelajaran wudhu adalah metode ceramah yang diikuti dengan teknik menyusun gambar. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara berikut ini:
1)        Guru menyampaikan materi yang ingin dicapai
2)        Guru menyajikan materi sebagai pengantar
3)        Guru menunjukkan memperlihatkan gambar-gambar berkaitan dengan materi ajar, dalam hal ini bagian-bagian gambar gerakan wudhu (lihat gambar wudhu di atas dan acak posisinya).
4)        Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian untuk memasang/mengurutkan gambar-gambar sesuai dengan urutannya.
5)        Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
6)        Dari alasan atau urutan gambar tersebut guru mulai menanamkan konsep atau materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
7)        Guru memberikan kesimpulan atau rangkuman


d.        Metode demonstrasi
Metode ini digunakan untuk menunjukkan gerakan-gerakan bersuci dari najis dan berwudhu. Untuk mengajarkan wudhu dengan metode ini, Guru dapat melakukan tehnik Silent Demontration (demontrasi diam) dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
1)        Tentukan prosedur dan langkah-langkah yang akan diajarkan kepada siswa, dalam  hal ini gerakan-gerakan wudhu secara tertib, misalnya:
§  Membasuh kedua telapak tangan.
§  Berkumur
§  Menghirup air ke hidung lalu mengeluarkannya lagi -   Membasuh muka (3 kali)
§  Membasuh kedua tangan beserta/sampai sikut. Dilakukan tiga kali berturut-turut dan diawali dari tangan kanan.
§  Mengusap kepala dengan air (1 kali/3 kali) -   Mengusap kedua telinga
§  Membasuh/mengusap kedua kaki (3 kali, dimulai dari yang kanan). -   Berdoa
2)        Mintalah siswa untuk memperhatikan cara Guru memperagakannya. Lakukan dengan memberi penjelasan atau komentar sesedikit mungkin. Ingat! Tugas guru di sini memberikan gambaran visual tentang cara wudhu.
3)        Bentuklah siswa menjadi kelompok-kelompok kecil.
4)        Minta  beberapa  di  antara  mereka  menjelaskan  apa  yang  Guru  lakukan.  Satu persatu dari gerakan wudhu tadi. Jika siswa masih mengalami kesulitan ulangi lagi demontrasinya.
5)        Beri kesempatan masing-masing kelompok mempraktekkan yang Guru demontrasikan (wudhu).
6)       Akhiri dengan memberi tantangan kepada siswa untuk melakukan tata cara wudhu dengan tartîb (lengkap, berurutan dan dilakukan dalam satu waktu).
Sebagai suatu metode pembelajaran, demonstrasi memiliki beberapa kelebihan di antaranya:
1)        Melalui metode demonstrasi terjadinya verbalisme akan dapat dihindari.
2)        Proses pembelajaran akan lebih menarik, sebab siswa tak hanya mendengar, tetapi juga melihat peristiwa yang terjadi.
3)        Dengan cara mengamati secara langsung siswa akan memiliki kesempatan untuk membandingkan antara teori dan kenyataan.
Di samping beberapa kelebihan, metode demonstrasi juga memiliki beberapa kelemahan, di antarannya:
1)        Metode demonstrasi memerlukan persiapan yang lebih matang.
2)        Demonstrasi memerlukan peralatan, bahan-bahan, dan tempat yang memadai yang berarti penggunaan metode ini memerlukan pembiayaan yang lebih mahal dibandingkan dengan ceramah.
3)        Demonstrasi memerlukan kemampuan dan keterampilan guru yang khusus, sehingga guru dituntut untuk bekerja lebih profesional.

e.         Metode praktek
Dengan metode ini, guru bisa mengajak siswa ke tempat wudhu atau, sambil rekreasi ke telaga dan di sana siswa diberi contoh dan dibimbing melakukan cara-cara melakukan gerakan wudhu. Guru harus memperhatikan dengan detail cara siswa mengambil air dan membasuhkannya ke anggota badan yang dibasuh. Perhatikanlah apakah bagian-bagian itu telah terbasuh dengan benar. Perhatikan pula cara mereka mengusapkan air ke kepala. Kebanyakan anak-anak usia itu, melakukannya dengan membasahi rambut. Jelaskan kepada mereka perbedaan membasahi rambut dengan mengusapkan air ke kepala dalam wudhu.
Guru-guru kita di pesantren dan mushala mengajarkan wudhu dengan cara ini. Mereka membawa semua santri ke tempat wudhu. Lalu kepada santri diperlihatkan cara wudhu yang benar. Kadang guru kita memperlihatkan perbedaan cara mengambil air wudhu dari keran air, dari telaga dan dari ember. Mereka sangat hati-hati dalam masalah
ini karena dalam fiqh ada konsep air musta'mal, yaitu air yang telah terpakai, air yang
dzatnya suci tapi tidak dapat mensucikan diri dari hadats. Guru-guru kita juga sangat
detail dalam cara membasuh wajah, sampai tidaknya santri membasuh sikut yang
biasanya terlewat ketika membasuh tangan, atau sampai tidaknya membasuh mata kaki,
dan sebagainya.
f.          Metode hapalan
Metode hapalan digunakan untuk mengajarkan doa wudhu. Dengan metode ini, siswa dibimbing untuk mengikuti bacaan/niat dan doa setelah wudhu sampai bisa. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyampaikan bacaan sedikit-sedikit. Guru membaca satu kalimat pendek dari doa tersebut lalu meminta murid mengikuti bacaan. Lakukan berulang-ulang  sampai  murid  lancar.  Siswa  dapat  diajak  membaca  doa  tersebut (dan dibimbing) secara bersama-sama di awal atau di akhir pembelajaran. Untuk menghindari kesalahan dalam mendengar kata-kata, guru bisa menuliskan di papan tulis doa tersebut. Jika siswa Guru belum lancar membaca doa dengan teks Arab, guru dapat menuliskannya dengan teks latin. Misalnya, seperti di bawah ini:
asyhadu al-laa ilaaha illallooh
wahdahu laa syariikalah
wa asyhadu anna muhammadan
‘abduhu wa rasuuluh
Alloohummaj’alnii minat-tawwaabiina
waj’alnii minal mutathohhiriin
g.         Metode kisah
Guru menceritakan kisah-kisah yang menarik tentang hikmah bersuci dan wudhu dengan tujuan agar siswa tertarik untuk berwudhu dan membiasakan suci dari najis dan hadats.
Sebelum   menggunakan   kisah   sebagai   metode   mengajar,   sebaiknya   Guru memperhatikan cara bercerita yang baik, antara lain:
1)   Guru harus menyukai cerita yang akan dikisahkan.
2)   Guru harus menguasai cerita tersebut
3)   Ingat tujuan mengemukakan cerita
4)   Hayati  ceritanya,  misalnya  tirukan  sikap  sombong,  marah,  gembira,  kaget  dan sebagainya sesuai cerita yang Guru sampaikan.
5)   Sampaikan cerita dengan menunjuk gambar yang telah Guru siapkan sebelumnya.
6)   Nada suara disesuaikan dengan cerita atau tokoh-tokohnya
7)   Guru harus peka terhadap perilaku siswa saat mendengar cerita Guru, kalau siswa sudah bosan cerita diperpendek, kalau senang cerita diulang dan diperpanjang.
Di bawah ini adalah kisah yang dapat Guru sampaikan kepada siswa. Kisah ini diambil dari buku Syarh Irsyâd al-'Ibâd karya Syaikh Zain al-Dîn al-Malîbârî.
Suatu malam, Imam al-Ghazâlî bermimpi. Dalam mimpinya itu, ia bertemu dengan
orang-orang yang sudah meninggal. Sang Imam bertanya, "Bagaimana kabar
kalian?"
Salah seorang di antara mereka menjawab, "Suatu hari kami shalat tanpa wudhu dulu, maka Allah mengutus ular untuk menemaniku di kuburan ini. Ini sungguh suatu keadaan yang buruk dan menakutkan."
Untuk membiasakan memiliki wudhu Anda bisa menganjurkan siswa agar berwudhu sebelum mandi, sebelum tidur, bahkan sebelum mereka berangkat k e sekolah. Di bawah ini cerita tentang orang yang membiasakan wudhu
Suatu hari datang seorang santri kepada Syaikh 'Athâ'illâh al-S akandarî. Dia meminta  syaikh  untuk  memberinya  ilmu  kesaktian  dan  keajaiban.  Syaikh mengabulkannya dengan memberinya 2 saran. Pertama, harus selalu punya wudhu dalam setiap waktu dan kesempatan, dan kedua, harus selalu shalat dua rakaat setelah wudhu.
(Minta kepada siswa untuk membayangkan beratnya perjuangan sant ri untuk selalu punya wudhu, apalagi di musim hujan. Dia harus memilih m akanan dan minuman, yakni hanya makan dan minum makanan yang tidak menghasilkan gas dalam perut. Dia juga tidak boleh telat makan, karena telat makan dapat mengeluarkan gas di dalam perut, dan lain-lain).
Setelah satu tahun dengan perjuangannya, suatu hari santri pergi ke sumur untuk mengambil air. Betapa heran dia, air yang ditimbanya berubah menjadi emas. Cepat-cepat ia kembali ke gurunya dan menceritakan kejadian itu . Syaikh berkata, "kamu sudah memiliki ilmu kesaktian dan keajaiban itu saat kamu mengembalikan emas itu ke dalam sumur”

2.      Mandi
Mandi adalah meratakan air ke seluruh tubuh dengan tujuan untuk menghilangkan hadats besar. Untuk menyampaikan materi sebab-sebab harus mandi besar, seperti haid, nifas, masuk islam dan meninggal, guru bisa menggunakan metode ceramah atau tanya jawab. Sebab-sebab yang mengharuskan mandi besar yang lain, seperti keluar air mani dan senggama bisa juga guru menyampaikan bila dirasa perlu. Ingat, yang guru ajar adalah anak usia 11-13 tahun, barangkali belum cukup dewasa untuk membahas hal itu. Jadi tidak perlu khawatir, karena materi tersebut akhirnya akan diajarkan juga di kelas lebih lanjut.
a.       Metode ceramah
Metode ceramah digunakan untuk lima tujuan, yaitu:
1)      Menyampaikan informasi
2)      Menerangkan masalah
3)      Menjelaskan sesuatu
4)      Memberi motivasi
5)      Mengajukan pendapat pribadi.
Dalam pembelajaran mandi wajib metode ceramah dapat digunakan untuk;   
1)      Menyampaikan informasi tentang tujuan pembelajaran mandi wajib
2)      Menerangkan apa dan bagaimana mandi wajib
3)      Menjelaskan sebab dan kegunaan mandi wajib
4)      Memberi motivasi siswa membaca buku tentang mandi wajib
5)      Menyampaikan pendapat Guru sendiri tentang masalah mandi wajib bila dirasa perlu.
Menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan informasi berarti memberi tahu siswa tentang suatu fakta dengan tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat, atau kesenjangan antara definisi dengan kenyataan tidak problematik. Cukup sekedar pemberitahuan atau sekedar diketahui. guru bisa mengatakan:
§   Tujuan pembelajaran mandi wajib adalah ………….
§   Jenis-jenis air suci adalah air sungai, air sumur, air laut, air hujan, air salju, dan air dari mata air.
Ceramah juga bisa digunakan guru untuk menerangkan hakikat sesuatu atau cara melakukan sesuatu. Misalnya guru mengatakan:
§   Mandi besar adalah ……………………….
§   Haid adalah ……………………………………
§   Cara-cara mandi wajib yang benar adalah mengalirkan air ke seluruh tubuh disertai dengan niat mensucikan diri dari hadats besar.
§   Cara mandi wajib yang benar dan sempurna sesuai dengan sunnah Nabi adalah sebagai berikut:
Ø  Sebelum mandi, membasuh telapak tangan tiga kali
Ø  Membasuh kemaluan
Ø  Berwudhu secara sempurna
Ø  Menyiramkan air ke kepala, sebanyak tiga kali sambil memasukkan air dengan jari tangan ke sela-sela rambut, sehingga membasahi kulit kepala.
Ø  Menyiramkan air ke seluruh tubuh dengan memulai dari sisi kanan,…… ……dan seterusnya.
Metode ceramah bisa guru gunakan untuk menjelaskan sesuatu yang memiliki hubungan dengan yang lain. Guru menjelaskan "mengapa" atau "untuk apa" dari sesuatu berarti guru sedang menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan. Misalnya:
§   Mengapa cara mandi wajib perempuan berbeda dengan cara mandi laki-laki? Hal itu karena perbedaan fisik dan keadaan antara perempuan dan laki-laki dan seterusnya.
Ceramah bisa Guru gunakan untuk memberi motivasi menimbulkan minat dan perhatian siswa untuk melakukan sesuatu. Ceramah juga dapat digunakan suntuk menyampaikan pendapat pribadi Guru tetang suatu masalah.
b.      Metode tanya jawab
Metode ini dapat digunakan di awal pembelajaran sebagai alat apersepsi atau di akhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan atau daya serap siswa. Metode ini juga dapat digunakan di tengah-tengah ceramah, yang akan berguna untuk mengembalikan perhatian siswa yang sudah jenuh.
Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru. Tujuan yang akan dicapai dari metode tanya jawab.
1)   Untuk mengetahui sampai sejauh mana materi pelajaran yang telah dikuasai oleh siswa.
2)    Untuk merangsang siswa berfikir. Memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan masalah yang belum dipahami.
c.       Metode jigsaw
Untuk  menyampaikan  materi  mandi  wajib  kepada  siswa  kelas  VI  MI,  Guru  bisa menggunakan teknik jigsaw dalam pembelajarannya. Teknik ini dapat mengaktifkan siswa serta melatih siswa percaya diri dalam melakukan sesuatu serta melatih sikap tanggung jawab. Teknik ini dapat Guru laksanakan, misalnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
1)        Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok beranggotakan 4 orang.
2)        Tiap orang dalam kelompok diberi bagian materi yang berbeda, misalnya:
Siswa  pertama  diberi  materi:  hal-hal  yang  haram  dilakukan  oleh  orang  yang berhadats besar, seperti shalat, thawaf, memegang dan membaca al-Qur`an, dan duduk atau berhenti di mesjid.
Siswa kedua membaca materi: cara-cara (rukun) mandi wajib, yaitu (1) niat, dan (2) mengalirkan air ke seluruh tubuh.
Siswa ketiga menelaah materi: Mandi Sunnah, yaitu: (1) pada hari jum'at; (2) hari raya 'idul fithri dan adha, (3) setelah memandikan mayat; (4) memulai ihram untuk haji ataupun umrah, (5) sembuh dari kegilaan; dan (6) saat masuk Islam.
Siswa keempat mempelajari materi: sunnah-sunnah mandi, yaitu: (1) membasuh
kedua  telapak  tangan  tiga  kali, (2)  membasuh  kemaluan,  (3)  berwudhu,  (4) menyiramkan air ke kepala tiga kali, dan (5) menyiramkan air ke seluruh tubuh mulai dari sebelah kanan, dan (6) berturut-turut.
3)        Tiap orang dalam kelompok diberi tugas yang berbeda
4)        Anggota tim yang berbeda, yang telah mempelajari bagian/sub-bab yang sama bertemu dalam kelompok baru  (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub-bab mereka.  Misalnya,  siswa  yang  mempelajari  cara-cara  mandi  wajib  berkumpul bersama dalam kelompok baru untuk mendiskusikannya.
5)        Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli anggota kelompok tersebut kembali ke kelompoknya semula dan bergantian mengajarkan materi yang dikuasainya kepada teman sekelompok. Sementara anggota tim yang lain mendengarkan dan membuat catatan.
6)        Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas (klasikal).
7)        Guru memberikan evaluasi dan panduan
8)        Penutup.
d.      Metode Student Team-Achievement Divisions (STAD)
Hampir mirip dengan teknik jigsaw, dalam mengajarkan materi mandi wajib Guru dapat juga menggunakan teknik STAD dengan langkah-langkah berikut ini:
1)        Kelompokkan  siswa  menjadi  beberapa  kelompok  dengan  anggota  kelompok  4 (empat) orang siswa.
2)        Guru menyajikan pelajaran mandi wajib dengan menggunakan ceramah.
3)        Guru  membagikan  tugas  kepada  kelompok  untuk  dikerjakan  oleh  anggota-anggotanya. Tugas berupa membuat ringkasan ceramah.
4)        Anggota kelompok yang sudah mengerti diberi tugas untuk menyampaikan materi yang dipahaminya kepada anggota kelompoknya, sampai semua anggota kelompok mengerti.
5)        Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis siswa tidak boleh saling membantu.
6)        Guru memberi evaluasi
7)        Guru  memberikan kesimpulan.
e.       Metode membagi kelompok
Dalam membuat kelompok perlu memperhatikan pembagian siswa dengan adil dan merata, yakni orang yang memiliki kemampuan akademik tinggi dikelompokkan dengan yang kemampuannya menengah dan rendah. Di bawah ini contoh pembagian siswa dengan cara tersebut:


Pengelompokan Heterogetitas berdasarkan kemampuan akademik
Langkah I:                          Langkah II:                          Langkah III:
Urutkan siswa ber-             Membentuk kelompok I       Membentuk kelompok
dasarkan kemam-                                                             selanjutnya
puan akademik
1.    Mikal                                 1.   Mikal                              1.   Mikal
2.    Lukman                             2.   Lukman                          2.   Lukman
3.    Rahmi                                3.   Rahmi                             3.   Rahmi
4.    Naufa                                 4.   Naufa                             4.   Naufa
5.    Imad                                  5.   Imad                               5.   Imad
6.    Dimas                                6.   Dimas                             6.   Dimas
7.    Muslim                               7.   Muslim                           7.   Muslim
8.    Ilham                                 8.   Ilham                              8.   Ilham
9.    Zidni                                  9.   Zidni                               9.   Zidni
10. Fadla                                   10. Fadla                              10. Fadla
11. Nguru                                 11. Nguru                             11. Nguru
12. Dinda                                  12. Dinda                             12. Dinda
13. Fahmi                                  13. Fahmi                             13. Fahmi
14. Syifa                                   14. Syifa                               14. Syifa
15. Ghina                                  15. Ghina                              15. Ghina
16. Lina                                    16. Lina                                16. Lina
17. Rizki                                   17. Rizkia                             17. Rizki
18. Milla                                   18. Milla                               18. Milia
19. Tessa                                   19. Tessa                               19. Tessa
20. Ma'ruf                                 20. Ma'ruf                             20. Ma'ruf
1                         12                             2                          11






13                        19                            14                        20

3.      Khitan
Arti Khitan menurut bahasa adalah “memotong”.Sedangkan menurut istilah khitan pada laki-laki adalah memotong kulit yang menutupi ujung kemaluan laki-laki yang disebut dengan Qulfah, agar tidak terhimpun kotoran di dalamnya, dan juga agar dapat menuntaskan air kencing, serta tidak mengurangi nikmatnya jima’ suami isteri. Ada beberapa kebiasaan alamiah yang dianjurkan Nabi Muhammad
kepada umatnya, di antaranya:  (1) khitan, (2) merapikan rambut, (3) memelihara janggut, (4) memotong kuku, (5) menghilangkan bulu-bulu yang mengganggu, (6) membiarkan uban atau mengubah warnanya, (7) memakai wangi-wangian dan (8) menggosok gigi.
Untuk mencapai tujuan pencapaian kompetensi dari materi yang diajarkan, seorang guru harus menggunakan metode yang baik dalam penyampaiannya. Metode yang baik, selain berguna agar materi gampang diserap siswa, juga dapat mengaktifkan siswa mencari pengetahuan secara mandiri dan bekerja sama. Di antara metode untuk menyampaian materi khitan, Guru dapat menggunakan beberapa metode di bawah ini:
a.         Metode Teknik Reading Guide (Penuntun Bacaan)
Untuk mengajarkan materi khitan kepada siswa kelas VI Guru dapat menggunakan teknik penuntun bacaan. Teknik ini bisa Guru lakukan sebelum tanya jawab di kelas atau untuk memberi tugas pekerjaan rumah. Untuk menjalankan teknik ini Guru dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
1)        Tentukan bacaan yang akan dipelajari. Guru dapat memperolehnya dari buku ajar, buku fiqh atau artikel di koran atau majalah. Di bawah ini adalah salah satu contohnya:
Khitan (atau sunat) ialah memotong kulup atau kulit yang menutupi ujung kemaluan laki-laki, agar terhindar dari berkumpulnya kotoran di bawah kulup, dan memudahkan pembersihannya setelah buang air kecil (kencing). Sebagian besar ulama mewajibkannya atas setiap laki-laki muslim, sebaiknya sebelum usia baligh, ketika kewajiban shalat mulai berlaku atas seseorang.
Adapun tentang khitan bagi perempuan (dengan melukai sedikit dari bagian atas kemaluannya) tidak ada hadis shahih yang memerintahkannya. Karenanya, sebagian ulama masa kini menganggapnya sebagai suatu tindakan sewenang-wenang terhadap perempuan, mengingat hal itu hanya menimbulkan gangguan yang tidak perlu.
Sumber: Muhammad Bagir al-Habsyi, Fiqih Pratis Jilid 1
2)        Buat pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab oleh siswa. Untuk teks yang berbeda guru bisa menggunakan kisi-kisi, bagan, atau skema yang dapat diisi oleh siswa.Untuk teks di atas Guru bisa menggunakan pertanyaan-pertanyaan pemandu bacaan, sebagai berikut :
a)         Yang dimaksud dengan khitan adalah ………….
b)        Sebutkan dua kegunaan/hikmah khitan?
c)         Apa hukum khitan bagi anak laki-laki muslim?
d)        Kapan sebaiknya khitan dilakukan?
e)         Apakah khitan menjadi syarat sah sholat?
f)         Apa hukum khitan bagi anak perempuan?
g)        Apa alasan ulama yang menolak pemberlakuan khitan bagi anak perempuan?
3)        Bagikan bahan bacaan dengan pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat.
4)        Tugaskan siswa untuk mempelajari bacaan dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang telah diberikan.
5)        Bahas pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan menanyakan jawabannya kepada siswa.
6)        Di akhir pembelajaran berikan ulasan secukupnya.
b.        Metode Cooperative Script
Teknik ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca teks bacaan dan kemampuannya untuk menjelaskan pemahamannya kepada siswa lain. Dengan teknik ini, siswa diajak bekerja berpasangan dan bergantian, secara lisan, mengikhtisarkan bagian-bagian materi yang dipelajari. Teknik ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkahlangkah berikut ini:
1)        Guru membagi siswa ke dalam beberapa pasangan
2)        Guru membagikan wacana atau materi kepada tiap siswa untuk dibaca dan dibuat ringkasannya.
3)        Guru dan siswa menetapkan siapa yang berperan pertama sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar dari setiap pasangan.
4)        Pembicara (siswa pertama) menyampaikan ringkasan selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara pendengar (siswa kedua),
a)         Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap; dan
b)        Membantu mengingat/menghapal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
5)        Siswa bertukar peran, yang semula menjadi pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Lakukan seperti di atas.
6)        Buat kesimpulan oleh siswa, dengan dipandu oleh guru.
7)        Penutup.
c.         Metode Artikulasi
Untuk mengetahui daya serap siswa atas materi yang disampaikan melalui metode ceramah, Guru dapat menggunakan teknik artikulasi. Teknik ini menuntut siswa melakukan artikulasi atas materi yang diterimanya dari guru dalam suatu pembelajaran dengan metode ceramah. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1)        Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2)        Guru menyampaikan materi sebagaimana biasanya, menggunakan metode ceramah.
3)        Bentuklah  kelompok-kelompok  siswa  beranggotakan    2          (dua)  orang siswa (berpasangan)
4)        Tugaskanlah  salah  satu  siswa  dari  pasangan  itu  menceritakan  kembali  materi yang baru diterimanya dari guru kepada pasangannya, sedangkan pasangannya mendengarkan sambil membuat catatan.
5)        Suruhlah siswa berganti peran. Siswa yang tadinya menyampaikan materi menjadi pendengar dan yang tadinya sebagai pendengar bertugas menyampaikan materi.
6)        Tugaskan siswa agar bergiliran/diacak menyampaikan materi yang dipelajari ke pasangan yang lain. Lakukan hal ini, sampai semua siswa mendapatkan gilirannya.
7)        Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa.
8)        Guru membuat kesimpulan dan menutup kegiatan.
d.        Metode Reading Aloud (Membaca Keras)
Di antara teknik mengajar yang dapat dilakukan untuk menyampaikan materi khitan adalah teknik membaca keras. Teknik ini berguna untuk membantu siswa berkonsentrasi atas materi ajar melatih siswa bertanya dan membangkitkan suasana diskusi. Cara ini dapat dilakukan dengan mengikuti prosedur berikut:
1)        Pilih suatu teks yang cukup menarik tentang khitan untuk dibaca dengan keras oleh siswa. Usahakan teks tersebut tidak terlalu panjang.
2)        Berikan kopian teks kepada siswa. Beri tguru pada poin-poin tertentu atau isu-isu yang menarik untuk didiskusikan bersama
3)        Bagi teks ke dalam beberapa paragraf atau yang lainnya
4)        Minta beberapa siswa untuk membaca bagian-bagian teks yang berbeda-beda secara bergiliran. Pastikan mereka membaca dengan keras sehingga terdengar oleh semua siswa dalam kelas tersebut.
5)        Ketika bacaan berlangsung, berhentilah pada beberapa tempat untuk menekankan arti penting poin-poin tertentu, untuk bertanya atau memberi contoh. Berilah waktu kepada siswa untuk berdiskusi jika mereka menunjukkan ketertarikan terhadap poin tersebut.
6)        Akhiri proses dengan bertanya kepada siswa apa yang termaktub dalam teks, sebagai salah satu cara menyimpulkan.

B.       MEDIA PEMBELAJARAN WUDHU, MANDI DAN KHITAN
1.         Wudhu
Setelah mempelajari dan tahu beberapa metode/teknik pembelajaran dalam pelajaran Fiqih dengan materi Wudhu, berikut media yang bisa digunakan dalam metode/teknik tersebut :
a)      Gambar Wudhu
b)      Papan tulis
c)      Buku tulis
d)     Video Wudhu
2.         Mandi
a)      Papan tulis
b)      Buku tulis
c)      Boneka anak-anak
d)     Video

3.         Khitan
a)        Papan tulis
b)        Buku tulis

C.      EVALUASI PEMBELJARAN WUDHU, MANDI DAN KHITAN
1.      Wudhu
Evaluasi atas keberhasilan pembelajaran yang Guru lakukan dapat menggunakan metode-metode berikut:
a.       Tanya jawab di akhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami  materi.  Metode  ini,  bila  digunakan  sebagai  metode  evaluasi,  dapat diterapkan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam:
§  Menyebutkan urutan-urutan gerakan wudhu
§  Menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudhu, dan sebagainya.
b.      Quiz. Guru membuat sebanyak mungkin pertanyaan dengan jawaban pendek (satu atau dua kata) untuk satu tema. Pertanyaan-pertanyaan itu dibagikan kepada siswa untuk dijawab. Sesuaikan pertanyaan-pertanyaan itu dengan materi pembelajaran yang dianggap penting.
c.       Mengamati  secara  langsung  cara-cara  siswa  melakukan  wudhu  satu  persatu, sebagaimana dalam metode praktek di atas
d.      Untuk menguji ingatan dan pemahaman siswa atas materi, Guru dapat menggunakan teknik empty outline (baris-baris kosong). Teknik ini berbentuk garis-garis kosong yang  membantu  siswa  menyebutkan  ulang  materi  pembelajaran  yang  telah disampaikan. Teknik ini dapat Guru lakukan dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut:
1)        Guru buat satu outline kosong atau sebagian kecil telah diisi, misalnya sebagai berikut:
Rukun Wudhu
§  …………………………
§  …………………………
§  …………………………
§  Menyeka kepala
§  …………………………
§  …………………………
2)        Bagikan outline itu kepada siswa.
3)        Suruhlah siswa mengisi baris-baris kosong sesuai dengan batas waktu yang disediakan.
4)        Kumpulkan jawaban siswa untuk dinilai.
2.      Mandi
Pada dasarnya evaluasi pembelajaran mandi wajib dapat dilakukan melalui tes lisan, tertulis maupun praktek. Dalam tes tulis, siswa dapat diberi soal berupa jawaban uraian ataupun objektif.
Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi pembelajaran adalah satu teknik yang disebut dengan istilah muddiest point (masalah yang paling kabur). Teknik ini dapat digunakan untuk melihat kemampuan siswa dalam kecakapan mendengar, menyimak, konsentrasi, menganalisa, dan menyimpulkan. Sekaligus dengan teknik ini seorang  guru  dapat  mengevaluasi  dirinya  dalam  menampaikan  materi.  Pertanyaan-pertanyaan yang dikumpulkan dari siswa dapat menjadi bahan review pelajaran pada pertemuan berikutnya. Teknik ini dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
a.    Tentukan umpan balik (feedback) yang diinginkan untuk materi pelajaran mandi wajib dari satu sesi pengajaran.
b.    Sediakan waktu beberapa menit di akhir sesi pengajaran.
c.    Sebelum menugaskan siswa, beritahukan kepada mereka berapa waktu yang tersedia untuk mengerjakannya dan apa kegunaan pekerjaan itu.
d.   Kemudian, bagikan potongan-potongan kertas atau kartu-kartu kepada mereka.
e.    Mintalah mereka menulis butir yang paling kabur, materi yang paling tidak dipahami dari materi pelajaran yang telah diberikan.
f.     Setelah siswa mengerjakannya, kumpulkan jawaban mereka
g.    Berilah respon terhadap umpan balik siswa tersebut pada pertemuan berikutnya.

3.      Khitan
Evaluasi terhadap kemampuan siswa dalam menjelaskan ketentuan dan hikmah khitan pada dasarnya dapat dilakukan dengan menggunakan tes lisan maupun tulisan. Teknik-teknik yang telah dijelaskan di depan pun sebenarnya dapat juga digunakan untuk melakukan evaluasi atas keberhasilan pengajaran.
Untuk mengetahui keberhasilan Guru dalam mengajarkan materi serta kemampuan siswa  menangkap  pengertian  materi,  selain  teknik-teknik  yang  telah  disebutkan sebelumnya, Guru dapat menggunakan teknik Minutes Paper (Catatan Singkat). Teknik ini menggunakan satu lembar kertas yang menyajikan tanggapan siswa atas materi yang diajarkan dengan cepat dan sederhana. Guru menyisakan waktu beberapa menit sebelum sesi pelajaran habis dan melakukan prosedur di bawah ini:
a.    Sebelum mengakhiri kegiatan belajar mengajar, fokuskan objek evaluasi pada pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
b.    Selanjutnya, dalam 4 atau 5 menit mintalah siswa menjawab pertanyaan: “Apa yang paling penting Guru pelajari dari kegiatan belajar tadi?”
c.    Kemudian, dalam 4 atau 5 menit kedua, mintalah siswa menjawab pertanyaan: “Apa pertanyaan penting Guru yang belum terjawab dalam kegiatan belajar tadi?”
d.   Kumpulkan jawaban siswa untuk dievaluasi.
e.    Ucapkan terima kasih dan tutup pembelajaran.

BAB III
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Tujuan dan pendekatan pembelajaran fiqih adalah bagaimana mengajarkan dan menanamkan sikap suci kepada siswa madrasah ibtidaiyah, melalui wudhu, mandi dan khitan kepada siswa dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Sedangkan Sumber belajar dan media belajar adalah kedua komponen yang sangat penting dalam proses belajar mengajar dalam menunjang pembelajaran, dengan penyampaian komunikasi yang apik dan dapat dipahami serta diterima oleh peserta didik.

B.       SARAN
Guru harus menguasai materi terlebih dahulu sebelum menyampaikan pelajaran dan dapat menyusun strategi pembelajaran dengan memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran yang tepat. Karena sumber belajar dan media yang tepat adalah unsur penunjang dalam proses komunikasi, maka jenis bentuk dan fungsinya sangat ditentukan oleh jenis, bentuk, dan tujuan komunikasi itu sendiri.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu, dan Tri Prasetya, Joko, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia,
                 1997.

Direktorat Pendidikan Madrasah, Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  (KTSP)
                
Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Direktorat Pendidikan Islam Departemen Agama RI,
                
2007.

Habsyi, Muhammad Bagir al-, Fiqh Praktis Menurut al-Qur`an, As-Sunnah dan Pendapat Para
                
Ulama, Bandung: Mizan, 2005.

Lie, Anita, Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang
                
Kelas, Jakarta: Gramedia, 2008.

Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan,
                
Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Rasyid, Sulaiman, Fiqh Islam, Jakarta: At-Thahiriyah, 2006.

Tafsir, Ahmad, Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam, Bandung, Maestro,
                 2008.

Yamin, Martinis, Kiat Membelajarkan Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press, 2007.


http://organisasi.org/pengertian_mandi_dan_jenis_jenis_mandi_agama_islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa komentar dan masukan anda dengan blog ini ?

Followers