Pages

Minggu, 21 Juli 2013

tahapan-tahapan tasawuf


MAKALAH
TAHAPAN – TAHAPAN TASAWUF
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Akhlaq
Dosen Pengampu : Rosyidi, M. SI




Disusun Oleh:
Muhammad Ihsan           (123911218)
Haniek Lathifah              (123911212)
Mustaqimah                     (123911298)
Noor Qomariyah             (123911222)
Arifah                              (123911296)
Suci Eka Maryati             (123911288)




FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
 SEMARANG
2013
Tahapan – tahapan Tasawuf
A.      PENDAHULUAN
Tasawuf adalah membersihkan hati dari sifat yang menyamai binatang, menekan sifat basyariyyah(kemanusiaan), menjauhi hawa nafsu, memberikan tempat bagi sifat kerohanian, berpegang pada ilmu kebenaran, mengamalkan sesuatu yang lebih utama atas dasar keabadiannya, memberi nasihat kepada umat, benar-benar menepati janji kepada Allah, dan mengikuti syariat Rasulullah[1]
Tasawuf secara sederhana dapat diartikan sebagai usaha untuk menyucikan jiwa sesuci mungkin dalam usaha mendekatkan diri kepada Tuhan sehingga kehadiran-Nya senantiasa dirasakan secara sadar dalam kehidupan. Ibnu al-Khaldun pernah menyatakan bahwa tasawuf para sahabat bukanlah pola ketasawufan yang menghendaki kasyf al-hijab (penyingkapan tabir antara Tuhan dengan makhluk) atau hal-hal sejenisnya yang diburu oleh para sufi di masa belakangan. Corak sufisme yang mereka tunjukkan adalah ittiba’ dan iqtida’ (kesetiaan meneladani) perilaku hidup Nabi. Islam sekalipun mengajarkan tentang ketakwaan, qana’ah, keutamaan akhlak dan juga keadilan, tetapi sama sekali tidak pernah mengajarkan hidup kerahiban, pertapaan atau uzlah sebagaimana akrab dalam tradisi mistisisme agama-agama lainnya.
Tasawuf merupakan salah satu bidang studi Islam yang memusatkan perhatian pada pembersihan aspek rohani manusia yang selanjutnya dapat menimbulkan akhlak mulia. Pembersihan aspek rohani atau batin ini selanjutnya dikenal sebagai dimensi esoterik dari diri manusia. Hal ini berbeda dengan aspek Fiqih, khususnya bab thaharah yang memusatkan perhatian pada pembersihan aspek jasmaniah atau lahiriah yang selanjutnya disebut sebagai dimensi eksoterik. Islam sebagai agama yang bersifat universal dan mencaku berbagai jawaban atas berbagai kebutuhan manusia, selain menghendaki kebersihan lahiriah juga menghendaki kebersihan batiniah, lantaran penilaian yang sesungguhnya dalam Islam diberikan pada aspek batinnya. Hal ini misalnya terlihat pada salah satu syarat diterimanya amal ibadah, yaitu harus disertai niat.
Melalui studi tasawuf ini seseorang dapat mengetahui tentang cara-cara melakukan pembersihan diri serta mengamalkannya dengan benar. Dari pengetahuan ini diharapkan ia akan tampil sebagai orang yang pandai mengendalikan dirinya pada saat berinteraksi dengan orang lain, atau pada saat melakukan berbagai aktivitas dunia yang menuntut kejujuran, keikhlasan, tanggung jawab, kepercayaan dan sebagainya. Dari suasana yang demikian itu, tasawuf diharapkan dapat mengatasi berbagai penyimpangan moral yang mengambil bentuk seperti manipulasi, korupsi, kolusi, penyalahgunaan kekuasaan dan kesempatan penindasan.[2]
Makalah yang sederhana ini akan dipaparkan beberapa istilah kata-kata kunci seperti tasawuf, sufi dan tariqat, sumber dan perkembangan pemikiran tasawuf, variasi praktek tasawuf, pendekatan utama dalam kajian tasawuf, tokoh dan karya utama dalam kajian tasawuf, hubungan ilmu tasawuf dan filsafat dan perkembangan mutakhir studi tasawuf.

B.       RUMUSAN MASALAH
Tahapan-tahapan tasawuf
1.         Syariat
2.         Tarekat
3.         Hakikat
4.         Makrifat

C.      PEMBAHASAN
Tasawuf adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihkan akhlak, membangun lahir dan batin, untuk memperoleh kebahagiaan yang abadi. Tasawuf pada awalnya merupakan gerakan zuhud (menjauhi dunia)[3]. 
Ada empat macam tahapan yang harus dilalui oleh hamba yang menekuni ajaran Tasawuf untuk mencapai suatu tujuan yang disebutnya sebagai “As-Sa’aadah” 
menurut Al-Ghazaliy dan Al-Insaanul Kaamil” menurut Muhyddin bin ‘Arabiy.
 
Keempat tahapan itu terdiri dari Syari’at, Tarekat, Hakikat dan Marifat.
 
Dari tahapan-tahapan tersebut, dapat dikemukakan penjabarannya sebagai
 
berikut:
 
1.         Syariat
Istilah syari’at, dirumuskan definisinya oleh As-Sayyid Abu Bakar 
Al-Ma’ruf dengan mengatakan: “Syari’at adalah suruhan yang telah diperintahkan
 oleh Allah, dan larangan yang telah dilarang oleh-Nya.”
Kemudian Asy-Syekh Muhammad Amin AL-Kurdiy  mengatakan: “Syari’at adalah hukum-hukum yang telah diturunkan kepada Rasulullah SAW., yang telah ditetapkan oleh Ulama (melalui) sumber nash Al Qur’an dan Sunnah ataupun dengan (cara) istirahat: yaitu hukum-hukum yang telah diterangkan dalam ilmu Tauhid, Ilmu Fiqh dan Ilmu Tasawuf.” 
Hukum-hukum yang dimaksud oleh Ulama Tauhid; meliputi keimanan kepada Allah, malaikat-Nya, Kitab Suci-Nya, Rasul-Nya, Hari Akhirat, Qadha dan Qadar-Nya; dalam bentuk ketaqwaan dengan dinyatakan dalam perbuatan Ma’ruf yang mengandung hukum wajib, sunat dan mubah; dan  meninggalkan mungkarat yang mengandung hukum haram dan makruh. Dan hukum-hukum yang dimaksudkan oleh Fuqaha, meliputi seluruh perbuatan manusia dalam hubungannya dengan Tuhan-nya; yang disebut “ibadah mahdhah” atau taqarrub (ibadah murni atau ibadah khusus) serta hubungannya dengan sesama manusia dan makhluk lainnya, yang disebut “ibadah ghairu mahdhah” atau “ammah” (ibadah umum). 
Kemudian hukum-hukum yang dimaksudkan oleh Ulama Tasawuf, yang meliputi sikap dan perilaku manusia, yang berusaha membersihkan dirinya dari hadats dan najis serta maksiat yang nyata dengan istilah “At-Takhali”. Lalu berusaha melakukan kebaikan yang nyata untuk menanamkan pada dirinya kebiasaan-kebiasaan terpuji, dengan istilah “At-Thalli”. Bila syari’at diartikan secara sempit, sebagaimana dimaksudkan dalam pembahasan ini, maka hanya meliputi perbuatan yang nyata, karena perbuatan yang tidak nyata (perbuatan hati), menjadi lingkup pembahasan Tarekat. Oleh karena itu, penulis hanya mengemukakan perbuatan-perbuatan lahir, misalnya perbuatan manusia yang merupakan fenomena keimanan, yang telah dibahas dalam Ilmu Tauhid. Fenomena keimanan itu terwujud dalam bentuk perbuatan ma’ruf dan menjauhi yang mungkar. 
2.         Tarekat
Tarekat adalah Suatu ilmu yang mengkaji kaitannya pengamalan zikir kepada Allah dengan praktek dalam beribadah setiap waktu yang telah ditentukan.[4]
Dari pengertian diatas, maka Tarekat itu dapat dilihat dari dua sisi; yaitu
amaliyah dan perkumpulan (organisasi). Sisi amaliyah merupakan latihan
kejiwaan (kerohanian); baik yang dilakukan oleh seorang, maupun secara
bersama-sama, dengan melalui aturan-aturan tertentu untuk mencapai suatu
tingkatan kerohanian yang disebut “Al-Maqaamaat” dan “Al-Akhwaal”, meskipun kedua istilah ini ada segi perbedaannya. Latihan kerohanian itu, sering juga disebut “Suluk”, maka pengertian Tarekat dan Suluk adalah sama, bila dilihat dari sisi amalannya (prakteknya). Tetapi kalau dilihat dari sisi
organisasinya (perkumpulannya), tentu saja pengertian Tarekat dan Suluk
tidak sama.
Kembali kepada masalah Al-Maqaamaat dan Al-Akhwaal, yang dapat dibedakan dari dua segi:
a)        Tingkat kerohanian yang disebut maqam hanya dapat diperoleh dengan cara pengamalan ajaran Tasawuf yang sungguh-sungguh. Sedangkan ahwaal, di
samping dapat diperoleh manusia yang mengamalkannya, dapat juga diperoleh manusia hanya karena anugrah semata-mata dari Tuhan, meskipun ia tidak pernah mengamalkan ajaran Tasawuf secara sungguh-sungguh.
b)        Tingkatan kerohanian yang disebut maqam sifatnya langgeng atau bertahan
lama, sedangkan ahwaal sifatnya sementara; sering ada pada diri manusia,
dan sering pula hilang. Meskipun ada pendapat Ulama Tasawuf yang mengatakan bahwa maqam dan ahwaal sama pengertiannya, namun penulis mengikuti pendapat yang membedakannya beserta alasan-alasannya.
Tentang jumlah tingkatan maqam dan ahwaal, tidak disepakati oleh Ulama
Tasawuf. Abu Nashr As-Sarraaj  mengatakan bahwa tingkatan maqam ada tujuh,
sedangkan tingkatan ahwaal ada sepuluh.
Adapun tingkatan maqam menurut Abu Nashr As-Sarraj, dapat disebutkan
sebagai berikut:
a)        Tingkatan Taubat (At-Taubah);
b)        Tingkatan pemeliharaan diri dari perbuatan yang haram dan yang makruh, serta yang syubhat (Al-Wara’);
c)        Tingkatan meninggalkan kesenangan dunia (As-Zuhdu);
d)       Tingkatan memfakirkan diri (Al-Faqru);
e)        Tingkatan Sabar (Ash-Shabru);
f)         Tingkatan Tawakkal (At-Tawakkul);dan
g)        Tingkatan kerelaaan (Ar-Ridhaa).
Mengenai tingkatan hal (al-ahwaal) menurut Abu Nash As Sarraj, dapat
dikemukakan sebagai berikut;
a)        Tingkatan Pengawasan diri (Al-Muraaqabah);
b)        Tingkatan kedekatan/kehampiran diri (Al-Qurbu);
c)        Tingkatan cinta (Al-Mahabbah);
d)       Tingkatan takut (Al-Khauf);
e)        Tingkatan harapan (Ar-Rajaa);
f)         Tingkatan kerinduan (Asy-Syauuq);
g)        Tingkatan kejinakan atau senang mendekat kepada perintah Allah (Al-Unsu);
h)        Tingkatan ketengan jiwa (Al-Itmi’naan);
i)          Tingkatan Perenungan  (Al-Musyaahadah);dan
j)          Tingkatan kepastian (Al-Yaqiin).
3.         Hakikat
Hakikat adalah : Kepastian yang benar dan kebenaran yang pasti tentang Allah (Tauhid).[5]
¨bÎ) #x»yd uqçlm; ,ym ÈûüÉ)uø9$# ÇÒÎÈ ôxÎm7|¡sù ËLôœ$$Î/ y7În/u ËLìÏàyèø9$# ÇÒÏÈ
Artinya: Sesungguhnya (yang disebutkan ini) adalah suatu keyakinan yang benar. Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu yang Maha besar.(Q.S. Waaqi’ah : 95-96)
â/ä3Ï9ºxsù ª!$# ÞOä3š/u ,ptø:$# ( #sŒ$yJsù y÷èt/ Èd,ysø9$# žwÎ) ã@»n=žÒ9$# ( 4¯Tr'sù šcqèùuŽóÇè? ÇÌËÈ
Artinya: Maka (Zat yang demikian) Itulah Allah Tuhan kamu yang Sebenarnya; Maka tidak ada sesudah kebenaran itu, melainkan kesesatan. Maka bagaimanakah kamu dipalingkan (dari kebenaran).”(Q.S. yunus : 32)
Perkataan hakikat dalam islam tasawuf ialah esensi atau pangkal dari semua alam yang maujud baik yang ghoib ataupun yang syahadah. Adakalanya ilmu tasawuf dipanggil juga ilmu hakikat. Ini kerana hakikat manusia itu yang sebenarnya adalah rohnya. Yang menjadikan manusia itu hidup dan berfungsi adalah rohnya. Yang menjadikan mereka mukalaf disebabkan adanya roh. Yang merasa senang dan susah adalah rohnya. Yang akan ditanya di Akhirat adalah rohnya. Hati atau roh itu tidak mati sewaktu jasad manusia mati. Cuma ia berpindah ke alam Barzakh dan terus ke Akhirat.
Jadi hakikat manusia itu adalah roh. Roh itulah yang kekal. Sebab itu ia dikatakan ilmu hakikat. Oleh yang demikian apabila kita mempelajari sungguh-sungguh ilmu rohani ini hingga kita berjaya membersihkan hati, waktu itu yang hanya kita miliki adalah sifat-sifat mahmudah yaitu sifat-sifat terpuji. Sifat-sifat mazmumah iaitu sifat-sifat terkeji sudah tidak ada lagi. Maka jadilah kita orang yang bertaqwa yang akan diberi bantuan oleh Allah SWT di dunia dan Akhirat. Kebersihan hati inilah yang akan menjadi pandangan Allah. Maksudnya, bila hati bersih, sembahyangnya diterima oleh Allah SWT. Bila hati bersih, puasanya diterima oleh Allah. 
4.         Makrifat
Ilmu makrifat adalah suatu ilmu atau pengetahuan yang hakiki kepada Allah.[6] Pada dasarnya doktrin makrifat adalah merupakan aspek lain dari tauhid. Secara etimologi makrifat berarti pengetahuan (knowledge). term ini dalam termologi tasawuf memiliki muatan makna yang menunjukkan pada suatu pengetahuan tentang Allah yang datang secara langsung (dari Allah) dan orang yang memperoleh pengetahuan ini disebut arif.
Apabila seorang sufi sudah memperoleh makrifat, maka hatinya akan terputus dari segala hal karena tertutup oleh keagungan Allah. Disaat itu seorang sufi tidak mempunyai keinginan apapun termasuk pahala ataupun surga, namun semuanya dikembalikan kepada Allah. Segala amalan yang dilakukannya hanyalah untuk Allah tanpa menghar apapun termasuk surga dan pahala.[7] Bagi seorang sufi seperti Al Bistami, pengalaman makrifat adalah lebih manis dan lebih nikmat dari seribu tempat yang mulia di surga firdaus.[8]
Menurut Al Bistami, yang menjadi sumber makrifat tidak lain adalah Allah sendiri. Hal ini tergambar dari do’a beliau; “Ya Allah, jadikanlah aku paham tentang Engkau, karena aku tidak akan paham kamu, kecuali kamu”[9]
Untuk sampai pada tingkat marifat al Bustami telah melakukan upaya yang luar biasa sebagaimana yang telah tergambar dalam ungkapan beliau berikut:
Aku telah bermujahadah selama 30 tahun. Tidak ada yang lebih memberatkan diriku, kecuali ilmu dan melaksanakannya. Kalau tidak ada perbedaan pandangan diantara para ulama, tentu aku akan baqa. Sedangkan perbedaan diantara ulama adalah rahmat, kecuali dalam masalah konsentrasi (tajrid) dalam tauhid.
Pada suatu saat al Bustami ditanya, “Bagaimana anda bisa sampai pada tingkatan ini (makrifat)”. Ia menjawab; “Dengan perut yang lapar dan tubuh yang telanjang”.[10]
Makrifat merupakan capaian yang paling puncak dari keseluruhan amalan zuhud yang telah dijalankannya. Sebagaimana yang diceritakan beliau, ada 4 proses kezuhudan yang dilakukannya: (1) zuhud dari dunia dan segala isinya; (2) zuhud dari akhirat dan segala yang ada di dalamnya; (3) zuhud dari segala hal kecuali Allah; (4) tidak tersisa sedikitpun selain Allah SWT. Saat itulah beliau benar-benar terlah tercapai makrifat.[11]

D.      KESIMPULAN
Tasawuf adalah ilmu yang mengandung ajaran-ajaran tentang kehidupan keruhanian, kebersihan jiwa, cara-cara membersihkannya dari berbagai penyakit hati, godaan nafsu, kehidupan duniawi, cara-cara mendekatkan diri kepada Allah seta fana dalam kekekalan-Nya sehingga sampai kepada pengenalan hati yang dalam akan Allah. Sufi adalah orang yang menjalankan tasawuf. Sedangkan tarekat adalah  jalan yang ditempuh oleh para sufi untuk dapat dekat kepada Allah. Thariqah juga mengandung pengertian organisasi.
Keperibadian manusia telah disemai sebagai sebaik-baik penciptaan yang Allah SWT mengutamakan atas segala penciptaan yang lain. Kecemerlangan penciptaan yang dinamakan insan ini memerlukan panduan yang sebaik-baiknya, baik mengharungi buaian gelora dunia. Tujuannya tiada lain melainkan supaya insan ini akan pulang ke pangkuan Allah dalam keadaan sebaik-baiknya sebagaimana keadaannya ketika dalam mula-mula kejadian.

E.       PENUTUP
Dengan ini kami akhiri pembentangan suatu khazanah Islam yang unggul ini dengan harapan ianya menjadi wasilah bagi mencerminkan segelintir isi kandungan yang terkandung didalam ilmu yang besar ini. Semoga makalah ini menjadi alat bagi mendatangkan kefahaman kepada ajaran Tasawuf.



DAFTAR PUSTAKA

www.wikipedia.org

Muhammad Hasyim. Dialog antara Tasawuf dan Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2002.

Abu al-Qasim bin Abd al Karim bin Hawazi al Qusyairi al Naisaburi. Al-Risalah al-Qusyairiyah. Dar al-Khair,tt

Al-Atthar, Farid Al-Din. Tadzkirat al-Auliya’. Teheren : Zuwar ,1957.

 Kartanegara, Mulyadhi. Menyelami Lubuk Tasawuf. Jakarta: Erlangga, 2006.
Media Zainul Bahri, MA. Menembus Tirai Kesendirian-Nya: Mengurai Maqamat dan           Ahwal dalam Tradisi Sufi. Jakarta: Prenada, 2005.


[1] Ensiklopedi Tematis Dunia Islam: Pemikiran dan Peradaban (Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 2002), jilid 4, h. 139
[2] Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2003), h. 235.
[3] Arif Munandar Riswanto, Buku Pintar Islam, hal. 193, Penerbit Mizan, Bandung 2010 
[4] Mahrus, M.Ag, Buku Aqidah, hal 43, Jakarta 2009
[5] Jamaluddin Kafie. Tasawuf Kontemporer.(Jakarta: Repubika, 2003)., hal 113
[6] Mahrus, M.Ag, Buku Aqidah, hal 43, Jakarta 2009
[7] al Junaidi dalam Rasa’il, tp. Tt., hal 56
[8] Attar, Op. Cit., hal 162
[9] Abu Na’im, Hilyatul Auliya, tp, tt, X., hal 38
[10] Imam al Qursyairi al naisaburi, Risalah Qusyairiyah, terj., Muhammad Luqman Hakiem, Rislah Gusti., hal 493
[11] Imam al Qursyairi, Ibid., hal 494

1 komentar:

Apa komentar dan masukan anda dengan blog ini ?

Followers